Kabupaten Kebumen Mendapatkan Penghargaan dengan Indeks Transparansi Tertinggi

Jakarta, –Manager Riset FITRA, Misbahul Hasan, mengatakan Kabupaten Kebumen merupakan daerah dengan indeks transparansi tertinggi dari 70 kabupaten/kota yang diteliti. “Kabupaten Kebumen patut diapresiasi, karena memiliki indeks transparansi tertinggi dari 70 Kabupaten/Kota dan 18 Provinsi yang diteliti” katanya dalam acara launching Local Budget Study (LBS) di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis, 16/03.

Misbah memaparkan, FITRA saat ini melihat pemerintahan pusat dan daerah masih memiliki transparansiyang rendah. Ini akan berdampak kepada indeks keterbukaan lainnya. Sementara, keterbukaan anggaran publik menjadi hak bagi setiap warga negara.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menyambut baik hasil lauching tersebut. “Pemerintah pusat dan daerah saat ini masih memiliki kendala terkait transparansi. Peran-peran LSM, seperti FITRA, diperlukan untuk melakukan tata kelola pemerintahan yang lebih baik,” tambahnya.

Sekjen FITRA, Yenny Sucipto, juga menegaskan penelitian ini dilakukan atas dasar masalah transparansi yang masih rendah. Padahal, UU No. 14 Tahun 2008 tentangKeterbukaanInformasiPublikcukup lama diterapkan.

Berdasarkan hasil launching tersebut, Kabupaten Kebumen mendapatkan Indeks transparnasi tertinggi. Sedangkan, kabupaten Mempawah tercatat sebagai daerah dengan indeks transparnasi terendah. Penelitian ini menggunakan tiga komponen indeks transparanasi yaitu uji akses dokumen, keterbukaan proses, dan kelembagaan dan kinerja PPID.[]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *