FITRA: Partisipasi Perempuan dan Penyandang Disabilitas Masih Rendah

Jakarta, -Manager Riset FITRA, Misbahul Hasan, mengatakan bahwa partisipasi perempuan dan penyandang disabilitas masih rendah. “Angka Partisipasi Perempuan dan kelompok marginal lainnya masih menjadi persoalan. Dari 70 kabupaten/kota dan 18 Provinsi, hanya sedikit yang memberikan wadah untuk kedua kelompok tersebut,” katanya dalam acara launching Local Budget Study (LBS) di Hotel Aryaduta, Jakarta,  Kamis, 16/3.

Sekjen FITRA, Yenny Sucipto, juga menambahkan, pemerintah pusat dan daerah saat ini masih memiliki kendala dalam mengutamakan partisipasi kelompok perempuan dan kelompok marginal lainnya. Yenny mengatakan dari 70 kabupaten/kota, masih sangatbanyakdaerah yang tidakmelibatkankaumperempuandalampelaksanaan Musrenbang,jumlahnyahampir 49%. Sementara itu, terdapat 14 daerah yang sudahmenyelenggarakanMusrenbangkhususperempuan, danseparuhnyabelumditetapkandenganregulasidaerah. Padahal, Musrenbangkhususperempuanpentingsebagaibentukafirmasiterhadapkebutuhan-kebutuhanperempuandananak, katanya.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo juga mengapresiasi hasil temuan tersebut. “Pemerintah saat ini sedang mendorong agar pemerintahan kota/daerah meningkatkan partisipasi perempuan melalui penyediaan wadah. Peningkatan partisipasi perempuan menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus segera diselesaikan,” katanya.

Sebelumnya, Seknas FITRA menyelenggarakan hasil Launching Local Budget Study (LBS). Penelitian tersebut dilakukan di 70 kabupaten/kota dan 18 Provinsi se-Indonesia. Dari hasilpenelitian, Kabupaten Bone,Provinsi Sulawesi Selatan menjadi daerah yang memiliki indeks partisipasi tertinggi, termasuk partisipasi perempuan dan penyandang disabilitas. Sedangkan, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, menjadi daerah dengan tingkat partisipasi terendah. Penilaian ini menggunakan tiga komponen indeks partsipasi. Aspek pada indeks partisipasi tersebut yaitu ketersediaan wahana partisipasi, unsur yang dilibatkan, dan regulasi partisipasi.[]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *